Home » » Jilbab: Madrasah Akhlak

Jilbab: Madrasah Akhlak

Written By FUM Makassar on Apr 17, 2012 | 17.4.12


“Menjilbabkan hati dulu” kata seorang teman, “ percuma dong kalau jiilbabnya bagus tapi hatinya jelek” lanjutnya menjawab pertanyaan seputar kapan ia menjalankan perintah Allah ini.

Sobat nadiah….hati seorang muslim dapat menjadi baik saat Allah menganugrahkan keimanan kepadanya. Tapi kebaikan hati  tidak didapat langsung dengan  kecepatan  serta merta dan dilatih tanpa sebab. Sikap  baik itu diperoleh dengan kesabaran dan belajar untuk membiasakan diri dalam melakukannya. Dan salah satu media belajar bagi para muslimah dalam mentaati perintah adalah memelihara diri, keterpeliharaan ini tercicil salah satunya dengan ketaatannya terhadap perintah berjilbab.

Nah…..pasti sobat sering sekali mendengar alasan untuk menunda menggunakan jilbab karena menunggu memiliki kesempurnaan akhlak, padahal nihh syarat  pertamanya cukup  ngaku bahwa tiada ilah selain Allah dan percaya Muhammad adalah rosulnya (baca:muslimah). Cukup itu sebab  jilbab adalah perintah yang lain dari perintah atas akhlak yang baik, memang sih idealnya bahwa ketaatan dalam perintah berjilbab ini setidak-tidaknya mampu mencicil ketaatan kita dalam melengkapi ketaatan yang lain, sehingga ketaatan itu membiasakan diri untuk mengajarkan akhlak yang baik hingga menjadikan karakter di dalam diri kita. Singkatnya, jilbab itulah yang akan menjaga akhlak kita, gitu^^

Logikanya gini, apakah seorang siswa harus menjadi pintar terlebih dahulu sebelum ia masuk sekolah? Tidak kan???  karena siswa yang masuk sekolah itu justru bertujuan agar ia menjadi manusia pintar sehingga jika ia sudah pintar maka iapun akan berbahagia atas apa yang ia peroleh. Begitupun juga dengan muslimah, tidak harus akhlaknya baik dahulu baru berjilbab, karena jilbab adalah madrasah  akhlak baginya, agar dengan jilbab itu  ia membiasakan dirinya untuk membina akhlaknya menjadi baik dengan ketaatan kepada perintah yang lainnya. Jika akhlaknya sudah baik, maka ia akan berbahagia, di tempat(milik)nya yaitu Syurga... Subhanallah…tunggu apalagi???

Jadi, bukan  sebuah alasan yang tepat jika masih ada saja yang beralasan menjilbabkan hati secara menyeluruh dahulu baru menjilbabkan kepala hanya karena khawatir akan mencoreng nama baik islam. Seorang yang berjilbab bukanlah manusia yang telah mustahil dalam berdosa, sama seperti diri kita semua, semua tidak luput dari dosa-dosa (baca:manusia biasa) , hanya saja kita semua berusaha untuk menghindari dosa-dosa dengan cara membiasakan diri dalam ketaatan.

Mentaati perintah Allah dalam membina akhlak menjadi baik dapat mengajarkan kepribadian kita menjadi lebih indah. Keindahan itu merupakan hasil dari pahatan yang baik dan pahatan yang baik itu di peroleh dari alat pahat yang dirancang untuk kebaikan, salah satunya adalah dengan jilbab karena jilbab adalah salah satu 'alat' untuk mengajarkan kepada ketaatan agar ketaatan itu diharapkan dapat membiasakan diri untuk taat kepada perintah-perintah yang lain. Sehingga ketaatan-ketaatan itu akan melahirkan suatu perilaku yang baik . Kemudian perilaku yang baik itu melahirkan kepribadian yang indah, yang mejadi perisai bagi diri kita dan bermanfaat bagi orang lain.Wallahu ‘Alam

Jika kesucian diperoleh dari keterpeliharaan
Jika keindahan diperoleh dari baiknya perilaku
Jika KecintaanNya diperoleh dari tangan yang menengadah karena Bertaubat
Maka, hiasilah dirimu dengan jilbab wahai saudariku….
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Tuesday, April 17, 2012 8:33:00 PM

salam ukhuwah... :)

Wednesday, April 18, 2012 9:04:00 AM

ahlan wasahlan lentera langit.... semoga bermanfaat ^_^

Tuesday, December 11, 2012 1:22:00 PM

MasyaaAllah,,,
jika jilbab adalah madrasah akhlak bagi seorang muslimah, maka ia akan melewati berbagai ujian layakny siswa dalam pembelajrannya, maka jika ia gagal dalam ujianny, maka akan ada selalu kesempatan untuk "REMEDIAL"

Post a Comment

Jangan pergi begitu saja. Setidaknya, silakan berkomentar dulu ya!
Syukran wa Jazakumullahu Khair.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Ukhuwah Muslimah Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger