Home » » Makan dan Minum ala Nabi

Makan dan Minum ala Nabi

Written By FUM Makassar on Apr 1, 2012 | 1.4.12


Makan dan minum adalah aktivitas yang biasa kita lakukan bila alarm di perut sudah berbunyi. Terkadang makan dan minum dianggap sebagai hal yang sepele. Padahal, kita bisa meraih pahala melalui makan dan minum tersebut.


Bagaimana caranya ya? Simak penjelasan di bawah ini tentang makan dan minum ala Nabi :
  1. Makanan dan minumannya harus halal donk. Allah Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepada kalian” (QS. 2 : 172)
  2. Niatnya tidak sembarang niat loh. Tentunya kita berniat makan dan minum untuk memperoleh kekuatan dalam melaksanakan ibadah kepada Allah Azza wa Jalla.
  3. Tangan kotor? Aduh, jangan sampai deh. Jadi, jangan lupa mencuci tangan sebelum makan ya.
  4. Katakan tidak untuk makan dan minum sambil berdiri. Makan dan minumlah seraya duduk  tawadlu’ dengan duduk berlutut, atau duduk di atas kedua tumit, atau menegakkan kaki kanan dan duduk di atas kaki kiri.
  5. Suka makan sendirian? Lebih baik tidak karena makan dengan orang lain akan berberkah. Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda, “Berkumpullah kalian di makanan kalian, niscaya kalian diberi keberkahan di dalamnya” (Diriwayatkan Abu Daud dan At-Tirmidzi yang men-shahih-kannya).
  6. Senantiasalah memulai makan dengan mengucapkan basmallah dan mengakhirinya dengan memuji Allah Ta’ala.
  7. Makan dan minum harus dengan tangan kanan donk. Tak lupa makanlah dengan tiga jari tangan kanan, mengecilkan suapannya, mengunyah makanan dengan baik,  makan dari makanan terdekat dan tidak makan dari tengah piring.
  8. Jangan malu untuk menjilat sisa-sisa makanan hingga tidak tersisa sedikit pun bekas-bekas makanan pada jemari kita.
  9. Jangan malu juga untuk mengambil makanan kita yang jatuh. Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda, “Jika sesuap makanan kalian jatuh, hendaklah ia mengambilnya, membuang kotoran daripadanya, kemudian memakan sesuap makanan tersebut, serta tidak membiarkannya dimakan syetan” (HR. Muslim)
  10. Tidak meniup makanan yang masih panas, memakannya ketika telah dingin, tidak bernafas di air ketika minum, dan bernafas di luar air hingga tiga kali.
  11. Ingatlah bahwa kekenyangan akan mewariskan kebodohan, hati menjadi buta, dan enzim-enzim lambung serta otak bertumpuk, sehingga hati berat untuk beribadah. Jadi, hindarilah kenyang yang berlebih-lebihan. Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda, “Tidak ada wadah yang lebih buruk untuk dipenuhi oleh anak Adam kecuali perutnya” (HR. At-Tirmidzi).


Nah, itulah tadi makan dan minum ala Nabi Shallallahu'alaihi wa Sallam. Jadi jangan lupa menerapkannya di kehidupan sehari-hari kita. Ayo bersiap-siap meraup pahala dengan makan dan minum yang sesuai sunnah!

Wallahu’alam.

_____________
*Mading Sekolah
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Thursday, May 03, 2012 11:28:00 AM

ukh, kata2 di atas kotak ini kax musti qta perbaiki... afwan just masukan...

dilembutin sedikit begitu...

fighting !

Post a Comment

Jangan pergi begitu saja. Setidaknya, silakan berkomentar dulu ya!
Syukran wa Jazakumullahu Khair.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Ukhuwah Muslimah Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger