Home » » Keajaiban dalam Kesucian

Keajaiban dalam Kesucian

Written By FUM Makassar on Mar 21, 2012 | 21.3.12


“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al Maidah [5] : 6)


Agama Islam menempatkan masalah kesucian sebagai satu hal yang sangat penting. Hingga, beberapa jenis ibadah selalu mempersyaratkan kondisi suci bagi tiap pelakunya. Hal ini memperlihatkan kepada kita betapa perhatiannya Islam terhadap kesucian, baik lahir maupun batin. Namun, mungkin karena rutinitas bersuci yang sudah sangat sering kita lakukan, sehingga kadang lupa untuk memaknainya lebih dalam. Bahwa lebih dari sekadar masalah syarat dan kewajiban, bersuci ternyata juga menyimpan begitu banyak hikmah dan keajaiban.

Sobat Muda, kali ini kami akan mengajak kamu untuk mencoba menguak rahasia dan hikmah dari berwudhu. Semoga bisa menjadi motivasi untuk kita semua agar tidak lagi menyepelekan masalah ini, dan juga untuk menghadirkan ketakjuban, betapa segala syariat dalam agama ini memang tidak ada yang sia-sia belaka. Selamat menyimak!

Wudhu Merangsang Pusat Syaraf
Ilmuwan itu bernama Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang berdarah Austria yang merupakan seorang neurolog dan psikiate. Allah menunjukkan jalan hidayah kepada beliau lewat risetnya yang membuktikan bahwa aktivitas berwudhu dapat merangsang syaraf. Adanya keselarasan antara air wudhu dengan titik-titik syaraf akan membuat mereka yang berwudhu akan hidup lebih sehat. Penemuan ini bukan saja hanya menguak hikmah dari wudhu, namun juga mengantarkan sang profesor untuk memeluk Islam dan kini lebih senang dipanggil dengan nama Islamnya; Baron Omar Rolf Ehrenfels.

Wudhu Mencegah Kanker Kulit
Dalam aktivitas sehari-hari kulit manusia kerap kali bersinggungan dengan berbagai macam zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Nah, membersihkan kulit dengan air (terutama dengan berwudhu) dapat membantu dalam melarutkan zat-zat kimia tersebut sehingga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit yang dapat disebabkan olehnya. Selain itu, wudhu juga dapat membuat kulit menjadi lebih awet muda, lho!

Wudhu Mencegah Berbagai Macam Penyakit
Ternyata, bukan hanya kesehatan kulit saja yang dapat dijaga dengan berwudhu. Berbagai macam penyakit yang tidak berkaitan langsung dengan kulit juga sebenarnya dapat dicegah dengan rutin melakukan aktivitas bersuci ini. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa wudhu dapat mencegah penyakit kanker, flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi, dan sebagainya. Muhammad Salim memperoleh gelar master dari Universitas Iskandariyah di Kairo dengan melakukan penelitian terhadap kondisi lubang hidung orang yang sering berwudhu dengan yang tidak pernah melakukannya. Riset ini membuktikan, bahwa istinsyaq (memasukkan air dalam hidung) dalam proses berwudhu dapat membuat lubang hidung menjadi lebih bersih dan sehat, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Wudhu, Bersihkan Diri, Bersihkan Hati
Selain berbagai macam keajaiban wudhu yang kita dapatkan secara fisik, wudhu juga dapat memberikan ketenangan tersendiri bagi para pelakunya. Bersentuhannya kulit dengan air wudhu dapat memberikan perasaan yang lebih rileks dan mengurangi ketegangan. Apalagi, jika setelahnya dilanjutkan dengan ibadah yang tentunya akan menambah ketenangan tersebut. Intinya, berwudhu bukan hanya sekadar untuk membersihkan najis dari permukaan tubuh yang nampak secara lahir. Lebih dari itu, anjuran untuk berwudhu yang menjadi syarat dalam ibadah shalat menunjukkan bahwa berwudhu merupakan pintu untuk menuju kebersihan hati, lewat membersihkan organ-organ tubuh kita yang mungkin telah banyak melakukan kesalahan.

So, jangan menyepelekan berwudhu! Tetap jaga niat-niat kamu untuk berwudhu karena Allah saja. Segala macam hikmah dan keajaiban yang berada di baliknya adalah hadiah dari Allah untuk orang-orang yang ikhlas mengerjakannya. Wallahu a’lam.

______________________
*Tahukah Kamu, Nadiyah
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Thursday, May 03, 2012 11:29:00 AM

masyaAllah...
be first coment..

Post a Comment

Jangan pergi begitu saja. Setidaknya, silakan berkomentar dulu ya!
Syukran wa Jazakumullahu Khair.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Ukhuwah Muslimah Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger