Home » » Ramadhan, tamu yang dinanti

Ramadhan, tamu yang dinanti

Written By FUM Makassar on Jun 4, 2012 | 4.6.12



Ibarat tamu yang dilayani bak raja, Ramadhan menjadi tamu spesial bagi umat muslim. Ramadhan akan selalu diberi hidangan dengan menu-menu teristimewa yang dipersembahkan oleh kita, kaum muslimin. Bahkan  tamu ini telah disinyalir dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda,
"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa'." (HR. Ahmad dan An Nasa'i).
Rasuulullah menggambarkan kedatangan Ramadhan sebagai berita gembira, sesuatu yang nggak boleh terlewatkan dengan sia-sia, bahkan Nabi kita mengatakan orang yang tidak mendapat kebaikan maka ia tidak memperoleh apa-apa. Ibaratnya nih kalau kita  kedatangan Pak SBY, so pasti bukan main sibuknya kita persiapkan ini-itu, beresin rumah sampai mengkilap, siapkan makanan terlezat, mungkin seperti itu harusnya kita siapkan kedatangan si Ramadhan. Bahkan lebih dari itu, lahir-batin kita mesti persiapkan untuk menanti kedatangan Ramadhan.

Ramadhan, seindah niankah engkau???
Indahnya Ramadhan tidak seindah pelangi dan sesejuk embun, tapi lebih dari itu. Umat muslim ketika di bulan Ramadhan akan diberi label yang tidak pernah sebelumnya diberikan kepada umat terdahulu. Imam Ahmad telah meriwayatkan dari Abu Hurairah radhillahu'anhu bahwasanya Nabi shalallahu'alaihi wa sallam bersabda: “Ummatku telah diberi lima hal yang belum pernah diberikan kepada ummat-ummat sebelumnya ketika bulan Ramadhan
1)      Bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum daripada minyak kesturi di sisi Allah.
2)  Para Malaikat beristighfar untuk mereka hingga berbuka.
3)      Allah memperindah Surga-Nya setiap hari, seraya berfirman kepadanya: “Hampir-hampir para  hamba-  Ku yang shalih akan mencapakkan berbagai kesukaran dan penderitaan lalu kembali kepadamu,”
4)      Syaithan-syaithan durjana dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti pada bulan-bulan selain Ramadhan.
5)      Mereka akan mendapat ampunan di akhir malam.” Ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu terjadi pada malam Lailautl Qadar?” Beliau menjawab, “Bukan, namun pelaku kebaikan akan disempurnakan pahalanya seusai menyelesaikan amalanya.” (Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dan Al-Baihaqi dalam kitab Ats-Tsawaab sanadnya lemah sekali, tetapi sebagian lafazh hadits tersebut mempunyai shaid (penguat yang shahih).

      Apa sih yang mesti disiapkan???
Nah, tadi itu kita telah singgung mengenai pentingnya persiapan menyambut Ramadhan. Semoga ini tidak terlambat bagi yang sudah memiliki persiapan sejak sebelum 1 Ramadhan. Hal-hal yang kudu kita siapkan adalah:

Pertama: Menyediakan waktu untuk muhasabah diri. Muhasabah adalah menghitung atau mengukur kadar kualitas amalan kita. Misalnya nih, kita ingat-ingat Ramadhan tahun lalu kita menamatkan Al Qur`an sebulan sekali, nah untuk Ramadhan kali ini kita harus lebih lagi dari itu. Atau Ramadhan lalu kita masih bolong sholat tarawih, jadi kita mesti perbaiki tarawih kita agar lebih baik dari sebelumnya. Karena hal ini akan membawa kita kepada orang-orang yang beruntung. Bahkan Allah memerintahkan kita dalam firman-Nya:
رٌ بِمَا تَعْمَلُونَ وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ خَبِيفَيَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ
أَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa melihat kepada dirinya apa yang telah ia persiapkan untuk hari esoknya, dan bertakwalah kepada Allah sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kalian kerjakan. Dan janganlah kalian menjadi seperti orang-orang yang melupakan Allah sehingga Allah melupakan diri mereka, merekalah orang-orang yang fasik”. (QS. Al Hasyr: 18-19).
Kedua: Memperbanyak istighfar dan taubat.
Setiap dari kita pasti punya dosa dan kesalahan. Mungkin kita sudah meng-ghibahi si fulanah atau kita suka dengar musik atau jadi ratu nyontek sejagad atau jingkrak sambil teriak g jelas depan umum dan sekawannya, maka marilah membersihkan diri dengan istighfar dan taubat. Yup, karena dua hal inilah yang mengantarkan kita pada ampunan dan rahmat-Nya.
Ketiga: Melatih diri untuk puasa di bulan Sya`ban
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: "Tidaklah saya melihat Rasulullah menyempurnakan satu bulan puasa kecuali Ramadhan, dan tidaklah saya melihat Rasulullah yang paling banyak puasanya kecuali di bulan Sya'ban. (HR. Bukhari)
Habib bin Abi Tsabit apabila masuk bulan sya'ban ia berkata: "ini adalah bulan para pembaca Al-Quran".

Keempat: Memperbaiki hubungan dengan saudara dan keluarga.
Allah berfirman : "Bertakwalah kepada Allah dan perbaiki hubungan diantara kalian".
Memperbaiki kembali hubungan dalam keluarga menyambut ramadhan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka menjelang ramadhan saatnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan.

Kelima: Menjalin silaturrahim dengan tetangga.
Kalau tetangga kita ridho dan senang dengan kita, maka hati akan jadi lapang. Sehingga beribadah untuk Allah akan semakin mudah dan enak.
Keenam: Mempersiapkan bekal keperluan selama bulan ramadhan.
Nah, kalo yang ini bekal dalam bentuk materi, seperti makanan untuk berbuka, pakaian baru, atau sejenisnya bagusnya jika di beli di awal ramadhan, sehingga ramadhan kita tidak terganggu dengan masalah teknis seperti itu.
Ketujuh: Menghiasi rumah dengan ayat-ayat dan hadist-hadist berkenaaan dengan keutamaan puasa dan ucapan-ucapan menyambut ramadhan. Karena tulisan dan ucapan-ucapan itu akan memberikan motivasi dan kesiapan untuk menyambut bulan yang mulia dan mengisinya dengan ibadah.
Kedelapan: Menambah ilmu dengan membaca buku-buku berkenaan dengan ramadhan.
Sehingga diharapkan dapat melaksanakan tuntunan ibadah puasa dengan benar, terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat membatalkan ibadah puasa atau mengurangi nilainya.

Alhamdulillah setelah kita mengetahui keutamaan ramadhan dan hal-hal yang perlu disiapkan untuk menyambutnya,munculkan motivasi dari dalam diri untuk memperbaiki amalan kita di bulan ramadhan ini. Let`s try, be the best before today…

Maraji`:
www.raudhatulmuhibbin.org
Share this article :

+ komentar + 4 komentar

Wednesday, June 06, 2012 7:48:00 PM

Dan sudahkah kita mempersiapkan yang terbaik untuk Ramadhan ini???

Friday, June 22, 2012 7:03:00 AM

Bismillah,,

"Mari dengung2kan semarak Ramadhan ini, semoga ia bermuka manispun menerima sambutan kita, Aamiin,,,:-)"

Sunday, July 01, 2012 4:35:00 PM

marhaban ya Ramadhan..... *menghitung hari....

Wednesday, July 04, 2012 10:56:00 PM

semoga kita di sampaikan pada bulan yang suci ini dan kita pun keluar darinya dengan suci.. aamiin

Post a Comment

Jangan pergi begitu saja. Setidaknya, silakan berkomentar dulu ya!
Syukran wa Jazakumullahu Khair.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Ukhuwah Muslimah Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger