Home » » MENENGOK KATA DUNIA TENTANG KECERDASAN 'AISYAH RADHIYALLAHU 'ANHA

MENENGOK KATA DUNIA TENTANG KECERDASAN 'AISYAH RADHIYALLAHU 'ANHA

Written By FUM Makassar on Nov 6, 2012 | 6.11.12


Siapa yang tidak mengenal Ummul mukminin ‘Aisyah binti Abu Bakar? Keselamatan diberikan untuk wanita suci yang memiliki sejarah harum, teladan wanita suci nan mulia. Dia adalah ibu orang-orang beriman dan istri dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam yang menjadi kekasih Allah.

Salah satu sisi yang patut diteladani adalah kecerdasan Aisyah. Betapa tidak, Aisyah telah meriwayatkan hadits dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam sebanyak 2210 hadits. Al Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Aisyah sebanyak 174 hadits. Al Bukhari meriwayatkan 54 hadits dan Muslim 86 hadits. Para shahabat dan tabi’in pun banyak yang menerima riwayat dari Aisyah.

Ilmu Aisyah mencakup banyak hal di antaranya masalah halal-haram, fikih, syair, kedokteran dan lain sebagainya. Anak saudarinya Urwah bin Az Zubair bahkan sangat kagum dengan ilmu kedokteran Aisyah. Imam Ahmad meriwayatkan dari Urwah yang pernah berkata kepada Aisyah, “Wahai saudariku, aku tidak heran dengan fikihmu dan aku tidak heran dengan ilmumu terhadap syair dan hari-hari manusia. Namun, aku heran dengan ilmu kedokteranmu, bagaimana bisa dan darimana ia?” Dia kemudian memukul pundaknya dan berkata, “Sesungguhnya Rasulullah sakit. Orang-orang Arab mendatangi beliau dan mengobatinya. Aku termasuk orang yang mengobatinya.”

Adapun tentang kefasihannya, Ath-Thabarani meriwayatkan dari Muawiyah, dia berkata, “Demi Allah, aku tidak pernah melihat seorang khatib yang sangat jelas, fasih dan cerdas kecuali Aisyah.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari Al Ahnaf bin Qais, dia berkata, “Aku pernah mendengar khutbah Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, dan para khalifah hingga zaman sekarang. Aku belum pernah mendengar ucapan paling agung dan bagus dari mulut seorang pun kecuali hanya Aisyah.”

Ibnu Abi Khaitsamah meriwayatkan dari Sufyan bin Uyainah dan Sufyan bin Muawiyah, dia berkata, “Wahai Ziyad, siapakah yang paling berilmu?” Dia menjawab, “Engkau amirul mukminin”. Muawiyah berkata, “Kamu salah. Jika kamu percaya padaku, dia adalah Aisyah”.
Subhanallah… Ukhtifillah, ayo bangkit! Bersemangatlah untuk belajar demi kejayaan Islam....

Maraji”
Buku Istri-Istri Para Nabi karangan Syaikh Muhammad Raji Kinas

Share this article :

Post a Comment

Jangan pergi begitu saja. Setidaknya, silakan berkomentar dulu ya!
Syukran wa Jazakumullahu Khair.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Ukhuwah Muslimah Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger