Home » » IBNU TAIMIYAH, GHIRAH ILMU SEPANJANG MASA

IBNU TAIMIYAH, GHIRAH ILMU SEPANJANG MASA

Written By FUM Makassar on Oct 30, 2012 | 30.10.12


Demi Allah, tidaklah benci kepada Ibnu Taimiyah melainkah orang yang bodoh atau pengikut hawa nafsu (Perkataan Qodhi Abdul Bar As-Subky)

Maka siapakah Ibnu Taimiyah?
Sejarah mencatat bahwa beliau adalah seorang imam yang alim, da’i yang pantang menyerah, dan mujahid berjiwa besar. Dengan mengkaji ilmu Ad-Dien tanpa kenal lelah, beliau tampil sebagai seorang pembela dinullah dan penghidup sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam yang telah dimatikan oleh banyak orang. Beliau lahir di Harran, salah satu kota induk di Jazirah Arabia yang terletak antara sungai Dajalah (Tigris) dengan Efrat, pada hari Senin 10 Rabi`ul Awwal tahun 661 H.

Sapa yang menyangka bahwa dari sekelebat kehidupan ibnu taimiyah yang serba kekurangan, muncul ghirah yang sangat tinggi tentang ilmu Ad-Dien. Tak ayal, beliau mampu menghafal Alqur’an di usia dini. Dan ketika umur beliau belum mencapai belasan tahun, beliau sudah menguasai ilmu Ushuluddin dan sudah memahami tafsir, hadits, dan bahasa Arab. Subhanallah..

Beliau hidup dan dibesarkan di tengah-tengah para ulama. Hal itu menjadi kesempatan yang tidak disia-siakan beliau untuk mereguk sepuas-puasnya taman bacaan berupa kitab-kitab yang bermanfaat. Beliau infakkan seluruh waktunya untuk belajar dan belajar, menggali ilmu terutama kitabullah dan sunah Rasul-Nya shallallahu`alaihi wa sallam.

Lebih dari semua itu, beliau adalah orang yang keras pendiriannya dan teguh berpijak pada garis-garis yang telah ditentukan Allah, mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Beliau pernah berkata: Jika dibenakku sedang berfikir suatu masalah, sedangkan hal itu merupakan masalah yang muskil bagiku, maka aku akan beristighfar seribu kali atau lebih atau kurang. Sampai dadaku menjadi lapang dan masalah itu terpecahkan. Hal itu aku lakukan baik di pasar, di masjid atau di madrasah. Semuanya tidak menghalangiku untuk berdzikir dan beristighfar hingga terpenuhi cita-citaku.

Jika dibandingkan dengan diri kita, hati ini jadi sangat menciut. Perbedaan yang besar antara diri kita dan beliau adalah dari segi metode belajar. Sejak kecil beliau mempunyai tekad yang besar terhadap kemajuan Islam. Beliau begitu bersemangat ketika ingin mengambil suatu ilmu. Bahkan beliau tidak pernah menunda-nunda dalam menyelesaikan suatu masalah.

Walau beliau pernah berada di penjara selama dua tahun tiga bulan. Namun itu tidak memadamkan cahaya iman beliau. Selama dalam penjara beliau selalu beribadah, berdzikir, tahajjud, dan membaca Al-Qur`an. Sampai akhirnya beliau wafat di dalam penjara Qal`ah Dimasyq pada tanggal 20 Dzulhijjah 728 H.

Semoga Allah merahmati Ibnu Taimiyah, tokoh Salaf, da`i, mujahid, pembasmi bid`ah dan pemusnah musuh. Wallahu a`lam.

Maraji’:
Buku: Ibnu Taimiyah, Bathal Al-Islah Ad-Diny. Mahmud Mahdi Al-Istambuli, cet II 1397 H/1977 M. Maktabah Dar-Al-Ma`rifah–Dimasyq. hal. Depan.


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Forum Ukhuwah Muslimah Makassar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger